Perbedaan Open Trip dan Share Cost


Tahukah kalian sahabat perihal Open Trip dan share Cost? Pasti kalian banyak sekali mendengar atau mendapatkan ajakan tawaran dengan dua model trip tersebut. Nah sahabat alangkah baiknya sebelum memulai perjalanan, kalian harus memahami tipe perjalanan open trip atau share cost disini saya akan membagikan secara detail apai itu open trim dan share cost.


Open Trip 
Dalam sistem open trip, peserta tinggal stor uang kepada satu orang atau EO setelah itu trip bisa diselenggarakan. Prinsip Open Trip bisa menggunakan kuota dan pre-order, jika kuota terpenuhi trip bisa dilaksanakan, jika tidak bisa dibatalkan sesuai ketentuan. Dalam Open Trip, penyelenggara pastilah mengambil keuntungan dari trip tersebut, imbalanya peserta trip tak perlu repot-repot karena semuanya sudah diurus oleh EO atau penyelenggara trip 

Share Cost 
Jika ada trip barengan ada pada pesertanya membagi pengeluaran sama besar, itulah yang sekarang dinamakan share cost. Prinsipnya adalah biaya-biaya dan pengeluaran yang telah disepakati dibagi rata ke semua peserta trip. Biaya tersebut bisa seluruh biaya di butuhkan, bisa juga hanya item tertentu yang disepakatin saja. Seluruh biaya yang dibagi rata adalah biaya actual saat trip.

Jadi bagaimana sahabat? Sudah tau kan perbedaanya? Dan menurut sahabat pilih yang mana? Yuk tulis di komentar. 

Soal pilih mana antara share cost dan open trip sebenernya dikembalikan kepada peserta sendiri. Saya sendiri pun sudah pernah mencoba dua-duanya, share cost maupun open trip. Walaupun memang untuk saya, yang paling nyaman untuk diri sendiri adalah open trip jika tak ingin repot-repot karena sudah diuruh oleh EO atau penyelenggara trip. 

Sesuaikan budget, kenapa? Karena menurut saya hal yang terpenting dan paling utama adalah budget. Jika budget melimpah, menurut saya ambilah open trip tinggal bayar dan kita bisa menikmati trip dengan tidak ribet sana sini. Tapi kalu ingin sedikit merasakan adventure, kita pilih share cost, dengan demikian setidaknya akan merasakan pengalaman bagaimana mengatur segala sesuatu di perjalanan. 

Memilih share cost ataupun open trip sebenernya tidak ada kaitannya dengan gaya perjalanan karena itu preferensi masing-masing. Setidaknya dengan mengenal karakter dua jenis trip jadi kita bisa menentukan perjalanan yang ingin dilakukan. 

Yang terpenting jadilah pejalan yang cerdas. Pertimbangkan baik-baik seluruh aspek detika akan melakukan perjalanan. Apakah biaya cukup? Apakah ingin kenyamanan? Apakah EO perjalanan atau trip Operatornya bisa dipercaya? dan sebagainya. 

Tidak ada yang lebih baik daripada Ipen Trip atau Share Cost, semua tergantung budget. Dan jangan lantas percaya pada setiap tawaran trip, simak kembali jejak trip penyelenggara. Atau jika memang ingin merasakan petualangan yang sesungguhnya, ya lakukan sendirian, independen. 

Nah sahabat, demikian perbedaan Open Trip dan Share Cost. Semoga informasi diatas membantu kalian yang masih bingung menentukan open trip atau share cost.

No comments:

Post a Comment