Misteri dan Mitos Gunung Sumbing

 
Hampir sebagian besar gunung diyakini sebagai tempat mistis dan menjadi lokasi beragam kejadian gaib dan misterius. Tidak terkecuali, Gunung Sumbing yang merupakan gunung api aktif tertinggi di Pulau Jawa. Gunung sumbing terletak di jawa tengah, Gunung sumbing jawa tengah ini memiliki kembaran yang namanya gunung sindoro yang dulunya gunung ini diibaratkan sebagai anak kembar. Nah di sini saya akan membagikan cerita misteri dan mitos gunung sumbing. Yuk, langsung saja simak ceritanya.


  • Peri Gunung Sumbing
Peri biasanya sering kalian dengar ada di dalam dongeng. Tetapi saat kita mendaki gunung sumbing, peri akan menjadi bagian dari mitos gunung sumbing. Para pendaki mengatakan peri tersebut adalah makhluk yang bercahaya tetapi ia sangatlah tidak ingin jika manusia melihat wujudnya. Dalam versi lain mengatakan bahwa peri adalah jin jin penunggu gunung sumbing yang bisa saja menyesatkan pendaki ketika pendaki tidak menjaga adab selama pendakian

  • Kakek Tua dan Rokok Menyan
Rokok menyan sering diidentikkan dengan hal mistis. Bau menyan biasanya sering diidentikkan dengan hal hal mistis. Biasanya bau menyan akan tercium saat kalian melihat sesajen. Dan pada saat kalian menaiki gunung sumbing, kalian akan sering melihat kakek tua yang sedang merokok menyan. Diamkan saja karena pendaki percaya bahwa kakek tua itu hanyalah penunggu dari gunung sumbing dan jangan heran jika kalian melihatnya selama pendakian menuju ke puncak sumbing

  • Orang Berbaju Putih
Sumbing memang lekat dengan nuansa mistisnya. Jika kita tadi sudah membaca cerita tentang kakek tua, kali ini cerita datang dari orang yang ada di atas gunung sumbing tetapi memakai jubah putih. Jubah putih sering diidentikkan dengan orang yang baik tetapi saat kalian menjumpainya di tengah pendakian, anda akan merasa takut pastinya. Jangan khawatir, saat kalian melihat orang jubah putih saat melakukan pendakian di sumbing, itu berarti kita melihat para orang pintar yang sedang bertapa atau diskusi karena sumbing dipercaya sebagai tempat untuk lebih dekat pada tuhan.

  • Orang Berbaju Hitam
Ada pula pendaki yang pernah melihat orang berbaju hitam saat melewati jalan menuju puncak sumbing. Tentu saja hal itu akan membuat bulu kuduk merinding apalagi jika jumlah dari kalian hanya sedikit. Menurut masyarakat setempat orang berbaju hitam yang sering dijumpai para pendaki adalah mereka yang memang sedang bertapa di sumbing. Entah apa tujuan dari pertapaannya tetapi orang berbaju hitam itu terlihat berkomat kamit sambil mengucap mantra atau doa. Jika kalian melihatnya, cukup diam dan jangan menyapanya.

  • Tempat Pesugihan
Kadang kala ada yang menjadikan gunung sebagai tempat untuk meminta harta kekayaan dalam waktu yang singkat. Orang orang tersebut nantinya akan memberikan tumbal sebagai gantinya. Dan cerita tersebut tidaklah hanya dongeng belaka karena banyak orang yang sengaja datang ke kawah sumbing untuk meminta kekayaan pada penunggu. Tentu saja di kawah sumbing, kalian akan menjumpai banyak orang yang sedang melakukan perjanjian dengan makhluk ghaib. Jadi tidak usah heran jika nanti di kawah sumbing, kalian akan menjumpai banyak sesajen karena hal itu adalah permintaan dari penunggu sumbing.

  • Jangan Menoleh ke Belakang
Mitos ini agaknya mitos yang kadang sering terlupakan ketika pendaki mendaki gunung sumbing. Pendaki percaya bahwa dengan tidak menoleh, pendakian sampai ke puncak akan berjalan dengan lancar. Tetapi, ketika mereka menoleh, pendakian akan lambat karena penunggu sumbing sengaja akan mengecohkan jalan. Iya jika terkecoh kemudian sadar. Akan tetapi jika kalian nyasar dan tidak dapat menemukan rute yang benar, maka nyawa akan menjadi taruhannya. Jadi, ingat betul teruslah menghadap ke depan agar perjalanan menuju puncak sumbing semakin dekat.

No comments:

Post a Comment