Panduan Booking Online Pendakian Gunung Semeru

Hallo sahabat banyak yang bertanya kepada saya bagaimana cara mendaki Gunung Semmeru? dan banyak yang bertanya proses booking online, Nah sahabat jangan khawatir karena Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) sudah memperbaiki sistem pada website booking online. Dari pada penasaran langsung aja saya jabarkan di tulisan ini.

Kenapa sih gunung semeru sekarang menerapkan sistem booking ketika mau mendaki gunung? sistem booking ini mencegah kerusakan hutan akibat terlalu banyaknya pendakian, makanya banyak gunung menerepkan sistem booking ketika mau mendaki salah satunya gunung semeru. Sistem booking juga mempermudah balai besar taman nasional untuk mengawasi berapa jumlah pendakian.

Sistem booking online di Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) sudah melakukan perbaikan pada tampilan laman resmi untuk booking pendakian ke Gunung Semeru. Melalui laman bookingsemeru.bromotenggersemeru.org tampilannya kini terbilang lebih baik dan mudah dipahami. Di laman booking online itu pun, pihak BB TNBTS sudah menyediakan tutorial mengenai cara-cara melakukan booking online. Mulai dari tahap awal hingga ke tahap akhir pendaftaran.

Berikut alur booking online Pendakian Gunung Semeru yang sahabat harus penuhin sebelum mendaki Gunung Semerut:
  • Buka browser dengan alamat URL: http://bookingsemeru.bromotenggersemeru.org
  • Cermati SOP Pendakian, selanjutnya klik menu Selanjutnya
  • Lengkapi dan centang data sesuai daftar check list sampai muncul menu Daftar
  • Pilih tanggal berangkat sesuai dengan kuota yang tersedia
  • Lengkapi form booking dengan mengisi data ketua serta data anggota (apabila pendaftaran lebih dari 1 orang)
  • Klik menu Kirim
  • Cek nomor Virtual Account. Untuk pengecekan bisa melalui halaman website booking online (masukkan kode booking pada halaman pencarian di website booking online) atau melalui email calon ketua pendakian, lakukan pembayaran dengan Virtual Account. Apabila tidak dilakukan pembayaran selama 5 jam dari waktu pendaftaran/booking maka akan tertolak atau hangus.
  • Setelah melakukan pembayaran, ketua kelompok akan menerima sms dan email bukti pembayaran.
  • Cetak Bukti Pendaftaran, Surat Pernyataan dan Daftar Perlengkapan untuk dibawa ke lapangan > cek melalui website
  • Cetak Bukti Pendaftaran, Surat Pernyataan dan Daftar Perlengkapan untuk dibawa ke lapangan > cek melalui email ketua kelompok.
Nah bagaimana sahabat cukup mudah bukan? jangan lupa ya sahabat ikuti aturan dan tatacara yang di terapkan di basecamp jangan sampe ada sahabat-sahabat yang membaca catatan saya bandel dan tidak mematuhi tata tertib basecamp. Karena tata-tertib ini di buat bukan semata-mata tidak ada alasanya kok semua itu buat kebaikan kalian. 

Jika kalian sudah untuk mengetahui jalur dan medan Gunung Semeru sahabat bisa membaca tulisan saya Jalur pendakian Gunung Semeru

3 comments:

  1. Kalau misalkan udah daftar dan bayar tapi gak jadi naik, bisa di refound gak mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih sudah berkunjung sahabat, yang sudah booking dan bayar uang tidak bisa di refund sahabat.

      Delete
    2. Ohhh ok terima kasih banyak infonya mas.

      Delete