Tips Menghindari Serangan Babi Hutan Saat Di Gunung

 
Mempunyai hobi berpetualang di gunung memang sangat menyenangkan, tapi sahabat harus waspada, karena gunung merupakan rumah bagi berbagai makhluk hidup seperti burung, monyet, rusa, macan dan aneka hewan lainya tak terkecuali babi hutan yang kerap kali kita jumpai saat beraktifitas di alam bebas. Tak sedikit kejadian penyerangan oleh babi hutan yang berujung dengan rusaknya logistik pendakian, tenda dan alat-alat pendakian lainnya. Nah disini saya akan memberikan beberapa tips untuk meminimalisir terjadinya serangan babi hutan.


  • Hindari Sampah Di Area Kemah
Tumpukan sampah masih sering kita jumpai saat berada di gunung. Memalukan memang, namun inilah kenyataanya. Sampah bekas oknum-oknum pendaki yang tidak bertanggung jawab cepat bertambah lalu menumpuk dan menjadi sasaran empuk babi hutan untuk mencari bekas makanan.

  • Hindari Sampah Berserakan Di Sekitar Area Tenda
Babi hutan biasanya aktif pada malam hari. Dan babi hutan sangat tertarik dengan sampah berserakan untuk mencari sisa-sisa makanan. Maka sebelum tidur atau meninggalkan tenda, disarankan membersihkan areal tenda dari sampah bekas makanan dan simpan kedalam trashbag. Jika memungkinkan, simpan trashbag pada area tinggi yang tak bisa dijangkau oleh babi hutan.

  • Kasih Penerangan Di Dalam Tenda
Babi hutan biasanya takut terhadap cahaya, bagi sahabat yang biasa tidur dengan penerangan alias lampu tidak dimatikan atau camp di gunung dengan intensitas kedatangan babi hutan yang cukup tinggi. Tetap menyalakan lampu tenda di saat tidur mampu menghindari serangan babi hutan.

  • Simpan Alat Makan dan Alat Masak 
Bau amis yang menempel pada bekas alat makan dan alat masak dapat menarik kedatangan babi hutan. Bersihkan alat-alat tersebut sesudah dipakai secara benar, kemasi lalu simpan ke dalam tenda.

  • Hindari Memasak yang Berbau Amis
Makanan berbau amis seperti sarden, ikan-ikanan dan makanan berbau menyengat saat dimasak seperti ikan asin, jengkol dinilai mampu menarik kedatangan babi hutan. Kurangi membawa atau memasak makanan yang berbau amis dan menyengat

  • Bawa Turun Sampah
Konservasi yang paling sederhana saat berada di gunung adalah membawa turun sampah-sampah bekas sendiri atau team ke tempat yang semestinya. Dengan begitu tidak ada lagi tumpukan sampah yang dapat merusak keindahan dan menarik perhatian babi hutan.

No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.