Jalur Pendakian Gunung Prau via Kalilembu

 
Gunung Prau merupakan gunung berketinggian 2565 mdpl, yang terletak di kawasan Dataran Tinggi Dieng. Gunung Prau berada diantara tiga kabupaten, yaitu Kabupaten Batang, Kabupaten Kendal, dan Kabupaten Wonosobo. Sesuai namanya, Dataran Tinggi Dieng memilki cukup banyak gunung dan bukit yang menjulang berdampingan dengan Gunung Prau. Dinamakan Prau – atau Perahu dalam Bahasa Indonesia, yaitu dikarenakan gunung ini berbentuk mirip seperti perahu, dengan gunung-gunung kecil lain yang menyerupai ombak. Nah sahabat, kali ini saya akan mengupas secara detail mengenai jalur Pendakian Gunung Prau via Kalilembu.


Informasi Transportasi Menuju Basecamp Kalilembu

Bagi sahabat yang berdomisili jawa barat untuk menuju basecamp Gunung Prau via Kalilembu bisa menggunakan kereta dengan jurusan Jakarta – Purwokerto. Sesampainya setasiun Purwokerto sahabat bisa naik angkutan umum menuju terminal Wonosobo, dan meneruskan perjalanan dengan menggunakan mini bus jurusan Dieng, atau bisa juga menggunakan bus Jakarta – Wonosobo dan dilanjut naik mini bus jurusan Dieng. Setelah naik minibus jurusan dieng kita bisa minta turun di basecamp Kalilembu yang terletak di Desa Kalilembu, Kecamatan Kejajar Kabupaten Wonosobo, Tawa Tengah

Nah Bagi sahabat dari Jawa timur bisa menggunakan bus jurusan Wonosobo dan meneruskan perjalanan dengan menggunakan mini bus jurusan Dieng. Setelah naik minibus jurusan dieng kita bisa minta turun di basecamp Kalilembu yang terletak di Desa Kalilembu, Kecamatan Kejajar Kabupaten Wonosobo, Tawa Tengah

Pendakian Gunung Prau Via Kalilembu

  • Basecamp – Pos 1
Perjalanan dari basecamp, pertama kita akan melewati ladang pertanian milik warga jalannya memang hanya tanah dan tersusun seperti anak tangga cukup kecil dan menanjakan jadi apabila berseliringan dengan yang lain harus bergantian untuk lewat, pemandangan selama diladang pertanian sangat menakjubkan jadi tidak terasa capek sekali, sehabis ladang pertanian kita akan bertemu seperti gubuk tapi bukan pos satu ya, mulai situ sudah memasuki kawasan hutan hingga pos satu medan jalan landai tanah. Perjalanan dari basecamp sampai pos satu membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit.

  • Pos 1 – Pos 2 Bukit Pandang
Melanjutkan perjalanan dari pos satu menuju pos dua medan masih sedikit landai walau kadang ada track yang memang menanjak tapi tidak terlalu terjal tapi beda apabila habis hujan jalur ini akan sangat licin dan perlu lebih waspada, dipos ke dua kita bisa menikmati pemandangan karena memang pos dua ini dinamakan pos bukit pandang, saya sarankan istirahat terlebih dahulu dipos dua ini karena track selanjutnya lebih menantang dan perlu perhatian khusus bagi temen – temen yang baru pertama mendaki kecuali memang yang biasa hiking mungkin terlihat biasa. Perjalanan dari pos satu menuju pos dua membutuhkan waktu 60 menit

  • Pos 2 – Pos 3 Persimpangan Pemancar
Perjalanan dari pos dua menuju pos tiga ada sedikit jalur landai namun lebih banyak jalur nanjaknya saya sarankan buat sahabat semua bila ingin naik jangan musim hujan karena track dipastikan sulit untuk dilalui karena licin dan jalur menanjak sedikit terjal, dipos tiga ini kita akan bertemu pendaki jalur via dieng, disini juga pos Ranger dan Rescue, di pos ini pendaki dilarang membuat tenda kecuali untuk para Ranger (Tim Penyelamat). Perjalanan dari pos dua menuju pos tiga membutuhkan waktu 45 menit.

  • Pos 3 – Puncak
Setelah dari pos tiga menuju puncak kita akan melewati kanan kiri adalah jurang jadi perlu diperhatikan setiap langka, disini kita melewati puncak gunung prau 2.590 mdpl Di area puncak ini saya tidak merekomendasikan untuk mendirikan tenda ya sahabat. Karena selain sangat terbuka dari terpaan angin dengan suhu yang dingin, juga punya potensi bahaya saat cuaca sedang tidak bersahabat misalnya pada saat terjadinya petir dan turun hujan.. Perjalanan dari pos tiga menuju Puncak membutuhkan waktu 30 menit.

  • Pucak – Bukit Teletubis
Dari puncak tertinggi gunung prau camp yang saya rekomendasikan kita harus turun dari puncak pemandangan menuju sunrise camp akan melewati sabana kurang lebih 1km. perjalanan dari puncak ke sunrise camp membutuhkan waktu 25 menit.

Pemandangan Gunung Lain di Puncak Gunung Prau

Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Merapi Gunung Merbabu, Gunung Lawu.

Puncak Gunung Prau

Ada banyak hal yang bisa kita nikmati ketika mencapai puncak Prau, yaitu menikmati terbitnya matahari dari atas ketinggian gunung merupakan moment terindah yang wajib kita abadikan prosesnya, menikmati kopi di ketinggian bisa menjadi salah satu teman baik menikmati keindahan alam semesta.

Tips Mendaki Gunung Prau Via Kalilembu

  • Mendakilah gunung ketika musim panas bukan musim hujan
  • Persiapkan fisik sebelum hari pendakian tiba
  • Gunakan peralatan dan perlengkapan mendaki gunung lengkap untuk kenyamanan dan keamanan
  • Sebelum mendaki dan setelah mendaki harap melaporkan diri ke basecamp selain buat data juga buat keamanan ketika kita ada kendala ketika mendaki
  • Wajib membawa turun sampah dan jangan melakukan vadalisme

Estimasi Waktu Pendakian Gunung Prau 
  • Basecamp – Pos 1 : 30 menit
  • Pos 1 – Pos 2 Bukit Pandang : 60 menit
  • Pos 2 – Pos 3 Persimpangan Pemancar: 45 menit
  • Pos 3 – Puncak : 30 menit
  • Puncak – Bukit Teletubis : 25 menit

Nah sahabat itulah adalah ulasan tentang jalur pendakian Gunung Prau via Kalilembu. lengkap dengan informasi transportasi menuju basecamp, estimasi waktu dan review perjalanan. Semoga bermanfaat dan selalu jaga kebersihan ya.

No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.